soal tjb no 1-15

nama: muhammad reyhan aliffadillah
kelas IX Tkj (2) 
1. fungsi dhcp server dan cara kerja dhcp server

2. fungsi dhcp client dan cara kerjanya

3. arp dan table arp

4. bridge dan cara kerja bridge

5. switch dan cara kerja switch

6. routing

7. static routing

8. policy routing

9. nat

10. address list

11. address list (wireless)

12. connect list (wireless)

13. simple queue

14. burst

15. pcq

16. DNS

jawaban

1. DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk mempermudah pengalokasian IP Address pada satu jaringan.

-cara kerja

Pertama, IP Least Request, pada tahap ini client akan mencari DHCP server yang sedang bekerja, apabila server tersebut telah ditemukan maka client akan langsung meminta IP Address kepada DHCP server.
Kedua, IP Least Offer, di tahap ini DHCP server menjawab permintaan dari client dan memberikannya penawaran nomor IP Address. DHCP memberikan nomor IP Address dengan mengambil nya dari database DHCP server.
Ketiga, IP Lease Selection, pada tahapan ini client memilih nomor IP Address yang ditawarkan oleh DHCP server. Lalu client memberikan pesan untuk permintaan konfirmasi kepada DHCP server.
Keempat, IP Lease Acknowledge, di tahap yang ini DHCP server memberikan jawaban dari pesan yang dikirimkan client berupa pengkonfirmasian nomor IP Address dan informasi lainnya. Pemberian IP Address ini bersamaan dengan diberikannya subnet mask dan default gateaway dan setelah itu IP Address yang sudah diberikan dicoret dari daftar pool.
2. Pengertian DHCP Cient dalah sebuah layanan yang digunakan untuk meminta alamat ip address kepada sebuah DHCP Server secara dynamic.



-cara kerja 

Cara kerja DHCP Client adalah Jika ada si client yang ingin terhubung ke dalam  jaringan .Cara kerjanya DHCP Client adalah Ia akan meminta/merequest  ip kepada DHCP Server.


habis itu si DHCP Server akan memprosesnya jika berhasil DHCP Server akan memberi alamat ip nya pada si client.dan si client pun sudah terhubung ke dalam jaringan itulah cara kerja DHCP Client.



3. Address Resolution Protocol disingkat ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggung jawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address).


ARP Table Merupakan protokol pengubung antara layer 2 data-link dan 3 Network.



4.bridge adalah alat yang berfungsi menghubungkan 2 jaringan 2 dan berfungsi untuk memecah satu jaringan yang besar menjadi 2 jaringan yang besar menjadi 2 jaringan lebih kecil.

5.berfungsi sebagai bridging transparan penghubung banyak jaringan dengan mom fordward berdasarkan mac.juga sebagai pembentuk LAN.cara kerja dengan menerima dan menganalisis seluruh paket sebelum meneruskan ketujuan.

6.adalah sebuah proses untuk meneruskan paket jaringan lainnnya melalui sebuah antar jaringan.

7.sebuah antar rout yang bertable statik yang serta secara manual oleh para admin jaringan.

8.router yang membuat table rout secara auto.

9.nat adalah metode untuk menhubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet  dengan satu alamat ip.

10.adalah salah satu fitur mikrotik yang berfungsi untuk memudahkan dalam menandai suatu konfigurasi  address.

11.access list merupakan sistem keamanan untuk filter auntentikasi sebuah AP untuk client yg terkoneksi

12.connect list merupakan tool yang memiliki fungsi kebaikkan dari access yaitu digunakan disisi wireless station koneksi terhadap AP.

13.simple queve adalah fitur yang terdapat pada mikrotik yang digunakan untuk memanage bandwith dan digunakan untuk pembatasan pemakaian bandwith.

14.burst adalah bandwith tambahan diatas max limit yang mungkin didapatkan dalam kondisi tertentu.

15.pcq adalah per connection queve merupakan salah satu cara pada mikrotik untuk pembagian bandwith secara merata dan adil.

16 Dns adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antena dan jalur transmisi- Instalasi dan konfigurasi perangkat jaringan nirkabel outdoor dan indoor

dyanamic routing cisco

konf DNS